Profil Perusahaan PT. Gojek Indonesia

               

Profil Perusahaan PT. Gojek Indonesia


Profil Perusahaan GoJek -- Pada tahun 2011, Nadiem makarim berhasil mendirikan sebuah perusahaan jasa PT. Gojek Indonesia. GoJek merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan jasa dan mampu menerapkan teknologi sehingga memimpin revolusi industri pada bidang transportasi. Perusahaan ini juga merekrut sumber daya manusia berkualitas untuk menjadi mitra yang dapat bekerja sama. Mitra GoJek terus meningkat hingga sampai saat ini, sehingga memudahkan pelanggan dalam mencari atau memesan transportasi dengan fleksible.

Perkembangan ini membuat GoJek mendapatkan penghargaan juara 1 dalam kompetisi bisnis nasional atau Global Entepreneurship Program Indonesia (GEPI). Selain itu GoJek juga sudah mencatat banyak prestasi lainnya dari komunitas bisnis.

Perusahaan GoJek terus berinovasi dan menciptakan fitur-fitur baru untuk memudahkan aktivitas para pelanggannya. Selain menyediakan Ojek Online, GoJek juga mengembangkan beberapa fiturnya, seperti Go-Food (fitur untuk memesan jasa pengantaran makanan), Go-Send (fitur untuk memesan jasa pengiriman barang), Go-Shop (fitur untuk memesan jasa pengantaran belanjaan), Go-Box (fitur untuk memesan jasa menyewa mobil box), Go-Clean (fitur untuk memesan jasa membersihkan rumah) dan masih banyak lagi yang lainnya. Sistem pembayaran GoJek pun sangat fleksible, pelanggan dapat membayar cash atau via dompet digital (Go-Pay).

Speksifikasi Produk

fitur gojek
Sumber : mangtoypedia.com

Produk yang ditawarkan dari perusahaan GoJek adalah jasa yang bergerak dibidang transportasi. Jasa yang disediakan perusahaan ini sangat bermanfaat bagi para pelanggannya terutama di era teknologi ini.

Berikut ini beberapa speksifikasi produk dari perusahaan GoJek:
  • GoJek, Merupakan jasa dibidang transportasi yang difungsikan untuk pengantaran atau penjemputan pelanggandengan menggunakan kendaraan motor. Adanya jasa ini membuat semua pelanggan GoJek merasa terbantu karena tidak harus susah lagi saat mencari transportasi umum.
  • Go-Car, Merupakan jasa dibidang transportasi yang difungsikan untuk pengantaran atau penjemutan pelanggan dengan menggunakan kendaraan mobil. Sama seperti GoJek, Go-Car sangat membantu pelanggannya yang ingin mencari transportasi mudah dan berkualitas.
  • Go-Food, Merupakan jasa yang difungsikan untuk pengantaran makanan. Jasa ini sangat membantu pelanggannya yang sedang tidak bisa memesan makanan atau malas mengantri saat membeli makanan.
  • Go-Send, Merupakan jasa yang difungsikan untuk mengirimkan barang atau produk kepada pembeli. Go-Send ini cukup berperan penting bagi para pembeli dari toko online yang ingin produk dibelinya cepat sampai dalam hitungan jam saja.
  • Go-Shop, Merupakan jasa yang difungsikan untuk pengantaran dan pembelian belanjaan seperti baju, aksesoris dan lainnya.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan proses analisa pasar dari karakteristik pembeli dan dapat terbagi menjadi empat bagian, seperti Geografis, Demografis, Psikografis dan Tingkah laku. Berikut ini penjelasan dari keempat bagian segmentasi pasar:

Segmentasi Pasar Gojek Berdasarkan Geografis

Pada segmentasi pasar secara geografis, GoJek menentukan jumlah mitranya berdasarkan lokasi atau wilayah tersebut. Misalkan pada Jakarta, Mitra GoJek akan lebih banyak karena wilayah tersebut merupakan Ibu kota di Indonesia.

Segmentasi Pasar Gojek Berdasarkan Demografis

Pada segmentasi pasar secara demografis, GoJek membagi pasar menjadi beberapa bagian berdasarkan pekerjaannya, seperti karyawan, masyarakat umum dan pelajar. Selain itu terlihat juga perusahaan GoJek memperhatikan jenis kelamin dalam segmentasi pasar demografis. Hal ini dapat kita lihat ketika memesan GoJek, jika driver perempuan besar kemungkinan akan mendapatkan pelanggan perempuan.

Segmentasi Pasar Gojek Berdasarkan Psikografis

Pada segmentasi pasar secara psikografis, GoJek menentukan gaya hidup serta kepribadian pelanggannya melalui promosi. Promosi yang dilakukan akan sampai ke aplikasi pelanggannya dengan menyesuaikan fitur atau jasa apa yang sering dipakai oleh pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan guna mendapatkan loyalitas dari pelanggannya.

Segmentasi Pasar Gojek Berdasarkan Tingkah Laku

Pada segmentasi pasar berdasarkan tingkah laku, GoJek memperhatikan kesetiaan atau loyalitas pelanggannya. Jika kita amati, GoJek akan memberikan banyak promosi kepada pelanggan baru atau pelanggan yang sudah lama tidak menggunakan jasa dari aplikasi GoJek. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan setia GoJek tidak diperhatikan, biasanya pelanggan lama akan mendapatkan rewards dari perusahaan GoJek.




Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai profil perusahaan GoJek. Selain itu kita juga sudah membahas speksifikasi produk dan segmentasi pasar pada perusahaan GoJek indonesia. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat. Terimakasih