Mengenal Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya

 

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tentunya harus menentukan jurusan yang akan dipelajari saat masuk perkuliahan. Saat ini jurusan sistem informasi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati.

Kuliah jurusan sistem informasi memang sudah menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa atau mahasiswi. Karena mempelajari yang berjalan dengan perkembangan teknologi serta informasi saat ini.

Jurusan sistem informasi ini juga yang akan banyak dicari oleh perusahaan. Karena sistem informasi ini mencakup banyak studi seperti menganalisa, mengumpulkan, menyaring serta mendistribusikan data.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin vestibulum dignissim diam, et efficitur felis commodo et. Mauris vel diam pellentesque lorem lacinia luctus. Nulla quam magna, pharetra in ultrices at, condimentum id tellus.
  • Sed suscipit sapien sed turpis ultrices viverra. Ut quis dui sed odio sollicitudin fermentum.
  • Aliquam vitae metus laoreet, dapibus enim sit amet, feugiat lorem. Sed in dui purus.
Daftar isi
  
    
  

adawd

adawd

Tombol Download Download Butuh Bantuan?
Zip Template-kalender-2021.zip300 kb Download

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan sistem informasi merupakan salah satu bidang yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan manajemen bisnis.

Pada jurusan sistem informasi ini kamu akan mempelejari bagaimana mengindetifikasi kebutuhan serta proses bisnis perusahaan dengan berdasarkan data-data.

Setelah itu akan merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan bagi perusahaan. tetap berfokus pada bidang software atau programing hanya saja memang mengarah pada penerapan bisnis.


Materi di Jurusan Sistem Informasi

Bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, tentunya ingin mengetahui jika memilih jurusan sistem informasi materi apa saja yang akan dipelajari.

Hal ini memang dibutuhkan karena untuk mempersiapkan diri serta dapat membuka wawasan tentang ilmu sistem informasi yang nantinya akan dipelajari saat kuliah nanti.

Ada beberapa materi yang berada di jurusan sistem informasi. Berikut ini adalah materi di jurusan sistem informasi:

1. Sistem dan Teknologi Informasi

Materi sistem dan teknologi informasi ini penting untuk melakukan manajemen, fast response serta persaingan dalam bisnis.

Maka dari itu dalam melakukan hal tersebut perlu membutuhkan sistem dan teknologi informasi yang handal. Maka dari itu, mengapa materi ini sangat penting untuk kedepannya nanti.

2. Bahasa Pemrograman Desktop dan Website

Materi Bahasa pemrograman ini juga salah satu yang penting dan merupakan kunci dalam dunia informasi digital saat ini.

Bahasa pemrograman ini memiliki beberapa tingkatan yaitu low level, mid level dan high level. Saat sudah masuk masuk dunia perkuliahan kamu akan mempelajari materi ini.

3. Pengantar Sistem Operasi

Materi pengantar sistem operasi ini mempelajari bagaimana mengelola atau menjalankan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Sistem operasi yang umum akan dipelajari di duniah kuliah biasanya adalah Microsoft Windows, Linux dan Mac OS.

4. Desain dan Manajemen Jaringan Komputer

Pada materi desain dan manajemen jaringan komputer ini kamu akan mempelajari bagaimana merancang serta mengelola interkoneksi antara komputer satu dengan yang lainnya.

Dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel (wireless). Tujuan materi ini adalah untuk membuat data, program serta informasi dapat terhubung tanpa dibatasi dengan lokasi.

5. Desain dan Manajemen Bisnis

Materi desain dan manajemen bisnis ini adalah hal penting dalam manajemen operasi. Dalam mengoptimasikan proses bisnis, sehingga saat melakukan proses dapat berjalan dengan efektif.

6. Desain Basis Data

Materi desain basis data ini adalah dasar basis data dalam membuat model data, merancang basis data secara baik serta dapat menjelaskan sistem informasi sesuai dengan aplikasi basis data yang diterapkan.

7. Etika Profesi TI

Materi ini juga sangat penting untuk mempersiapkan diri agar mampu menjunjung tinggi etika dalam profesi bidang Teknologi Informasi.

Materi yang biasa diajarkan adalah profesionalisme kerja bidan TI, kode etik profesi, hokum cyber, norma dan moral.

8. Lainnya (Materi Dasar)

Materi terakhir adalah yang paling dasar dalam dunia perkuliahan yaitu seperti pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kebangsaan dan lainnya.

Materi ini tentunya hamper di semua universitas memilikinya karena ini adalah materi-materi dasar yang dipelajari oleh para mahasiswa.


Prospek Kerja Sistem Informasi

Setelah lulus kuliah dari jurusan sistem informasi akan ada banyak prospek atau peluang karir yang menjanjikan dalam dunia digital saat ini.

Ada beberapa prospek kerja bidan sistem informasi yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja sistem informasi:

1. Web Developer (Full Stack, Front End, Back End)

Peluang karir pertama bagi lulusan jurusan sistem informasi adalah web developer. Web Developer ini tugasnya adalah membuat sebuah program aplikasi dalam suatu website.

Tentunya tugas ini adalah merancang dan men-desain tampilan website menjadi menarik dan setiap fungsi yang dibuat harus dapat dipergunakan.

2. Business Analyst

Seiring dengan meningkatnya ilmu teknologi tentunya menjadi salah satu bisnis yang tepat. Maka dari itu, Business Analyst banyak diperlukan oleh perusahaan.

Business Analyst ini sangat penting karena menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham perusahaan dan tim IT serta user.

3. Project Manager

Profesi Project Manager merupakan salah satu penggerak khusus bagi seluruh anggota tim-nya untuk sebuah proyek.

Posisi ini perlu berhati-hati, karena peran profesinya sebagai Project Manager adalah oeran penting dalam keberlangsungan perusahaan.

4. System Analyst

Berbeda dengan Business Analyst, System Analyst adalah yang berperan dan hanya terfokus pada bagian sistem IT saja.

Seperti dalam mengelola sebuah aplikasi, membuat spesifikasi yang telah digunakan oleh programmer serta mengidentifikasikan kebutuhan para user supaya sistemnya yang dikembangkan berjalan sesuai.

5. Database Administrator

Profesi selanjutnya adalah Database Administrator. Profesi ini tugasnya adalah merpaihkan serta mengelola data pada sebuah perusahaan.

6. IT Consultant

Profesi IT Consultant adalah bagian bidang dalam sebuah pelayanan. IT Consultant ini tugasnya membantu client yang akan menggunakan IT.

IT Consultant ini dapat membantu peningkatan perusahaan agar terstruktur, efektif dan efisiensi dalam sistem IT perusahaannya.

7. IT Support Specialist

Profesi yang terakhir adalah IT Support Specialist. Profesi ini merupakan seorang teknisi pada sebuah perusahaan yang bertanggung jawab dalam evaluasi, instalasi serta peningkatan dalam tiga objek.

Tiga objek tersebut adalah yang utama yaitu komputer, software dan pengembangan sistem jaringan (network system).


Penutup

Nah itulah beberapa gambaran kalau kamu ingin mengenal jurusan sistem informasi seperti apa. Dari mulai materi yang dipelajari serta prospek profesi yang sesuai dengan bidangnya.

Saat ini sebuah informasi didapatkan dengan menggunakan teknologi, maka dari itu peran sistem informasi ini penting sekali.

Semoga kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sudah dapat menentukan jurusan yang akan diambil ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna jika ingin mengambil jurusan sistem informasi.